MANFAAT DAGING TONGGERET

Manfaat Daging Tonggeret
===========================









Tonggeret atau Tenggeret merupakan hewan unik yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel sering dijumpai di pepohonan. Tonggeret akan bermetamorfosa setelah 17 tahun hidup sebagai larva dan hanya mampu bertahan hidup selama 3 hari. Oleh karena itu, daging tonggeret terbilang sebagai makanan langka.

Tonggeret memiliki bentuk hampir menyerupai lalat hanya saja berukuran lebih besar dan memiliki rentangan sayap yang lebih lebar. Hewan ini tergolong dalam subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera. Di berbadai daerah, tenggeret memiliki beragam julukan seperti tonggeret, garengpung, cicadas, nyennyeng dan ulir-ulir.

Meski tergolong hewan langka dan hanya bisa ditemui saat musim penghujan di daerah beriklim tropis, daging tonggeret ternyata memiliki rasa yang sangat lezat. Tak hanya itu, daging serangga ini juga memiliki khasiat menyehatkan bagi tubuh. Adapun manfaat dan khasiat daging tenggeret antara lain :



1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daging tenggeret untuk meningkatkan kekebalan tubuh sangat erat kaitannya dengan kandungan protein di dalamnya. Protein akan membantu tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh meningkat, maka tubuh akan lebih tahan terhadap penyakit.
2. Meningkatkan masa otot

Layaknya manfaat daging lainnya,  daging tenggeret juga berfungsi untuk meningkatkan masa otot. Hal ini dikarenakan protein mampu memperbaiki otot yang rusak akibat aktivitas teralalu berat. Oleh karenanya, mengkonsumsi tenggeret sangat disarankan bagi Anda yang sering berolahraga berat dan ingin memiliki tubuh atletis.
3. Menjaga kesehatan organ dalam

Secara tak langsung, mengkonsumsi daging tenggeret juga dapat menjaga kesehatan organ dalam. Hal ini dikarenakan protein yang ada di dalamnya dapat digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk juga sel penyususn jaringan organ.

Jika kerusakan organ langsung diperbaiki, maka organ tubuh akan terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Oleh karenanya, mengkonsumsi tenggeret juga disebut sebagai jalan pintas untuk menjaga agar organ tetap berfungsi normal.
4. Meningkatkan gairah pria

Jika Anda memiliki masalah gairah di ranjang, daging tenggeret bisa jadi solusi yang paling tepat. Tenggeret dipercaya mampu meningkatkan libido sehingga menambah gairah pria.

Cara memanfaatkanya adalah dengan menggoreng tenggeret yang sudah dibersihkan lalu memakannya sebagai camilan. Manfaat yang sama juga bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daging jangkrik atau daging belalang.
5. Menambah stamina

Selain dapat meningkatkan gairah, daging tenggeret juga dapat menambah stamina pria dewasa. Hal ini dikarenakan tenggeret mengandung protein sehingga mampu meningkatkan stamina.
6. Mengurangi depresi pada ibu hamil

Seringkali ibu hamil akan mengalami depresi sekaligus kepayahan berlebih saat tri semester ke ke tiga. Sebenarnya, depresi saat hamil dan juga kepayahan berlebih tak perlu lagi terjadi jika Anda mengkonsumsi daging tonggeret.

Baca juga : 20 Manfaat dan Khasiat Daging Bekicot Untuk Kesehatan
7. Memperbaiki metabolisme tubuh

Metabolisme merupakan proses yang sangat penting dalam tubuh.  Metabolisme yang sehat akan menjadikan tubuh lebih sehat karena metabolisme mencakup masalah penyerapan nutrisi dan juga proses pencernaan. Tak hanya itu, metabolisme yang sehat juga akan mendukung proses fisiologis sehingga tubuh lebih kuat.

Kaitan daging tenggeret dengan metabolisme tubuh adalah kandungan protein di dalamnya, protein akan mendukung tubuh untuk mendukung tubuh melakukan metabolisme.
8. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan protein dalam daging tenggeret  juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan protein dalam daging tonggeret mampu menstabiilkan kolesteol dalam tubuh yang berasal dari makanan. Oleh karenanya, mengkonsumsi serangga jenis ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung, terutama jantung koroner. Tak hanya itu, fungsinya untuk memperlancar peredaran darah juga membuat jantung bekerja lebih ringan sehingga jantung terhindar dari kerusakan.
9. Mencegah diabetes

Khasiat serangga tenggaret lainnya adalah untuk mencegah kenaikan gula darah atau diabetes. Hal ini dikarenakan kadar protein tubuh sangat menentukan kadar gula darah. Jika tubuh kekurangan protein, maka secara otomatis kadar gula darah akan naik sehingga memicu terjadinya diabetes. Karenanya, mengkonsumi daging tenggaret untuk memenuhi asupan protein juga dapat mencegah resiko terkena diabetes.
10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Manfaat serangga tonggeret yang sangat diinginkan oleh wanita adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Daging tenggaret dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan kulit dan rambut karena protein di dalamnya mampu menjaga kekuatan rambut serta mencegah kulit kusam.

Selain dagingnya yang memiliki khasiat bagi kesehatan, suara tenggaret yang sangat khas juga bermanfaat bagi petani. Suara tonggeret dupercaya mampu merangsang mulut daun atau stomata untuk membuka lebih lebar sehingga penyerapan nutrisi melalui embun lebih maksimal. Hasilnya, tumbuhan akan melakukan metabolisme dengan lebih sempurna sehingga hasil panen maksimal.

Sayangnya, tonggeret sata ini adalah serangga yang langka. Tak hanya karena metemorfosisnya yang lama, tetapi juga karena keberadaannya yang banyak diburu untuk menu konsumsi sekaligus mainan anak-anak. Anak kecil, biasanya paling senang memburu tonggeret dengan menggunakan bilah bambu yang diberi getah pohon dan mengusik serangga yang betah berlama-lama dalam tanah ini.

Komentar